3 tips sebelum upgrade memory komputer pc

Salah satu cara agar kinerja komputer kita menjadi lebih cepat adalah dengan menambah memory / Ram. Misalnya dari 4gb, di upgrade menjadi 8gb. Tapi ketika akan upgrade ram pc sebaiknya cek terlebih dahulu :

1. Slot memory yang tersedia di pc kita, hanya 1 slot atau lebih. Lihat gambar di bawah ini apa yang sebut slot memory pc :

Tips sebelum upgrade memory komputer


2. Cek di buku manual yang di sertakan pada saat membeli pc baru anda di toko komputer. Di bagian depan selalu terdapat keterangan "Nama mainboard Specifications Summary" 

Buku manual mainboard biasanya berada di dalam dose. Tapi kadang juga tidak pihak toko tidak menyertakannya. Jika buku manual tidak ada, cara untuk melihat mainboard specification komputer kita adalah dengan membuka casing. Kemudian lihat apa nama mainboardnya. Biasanya akan tertera besar tulisannya, misalnya : Nama mainboard ecs a780gm, Asus p5 Gl pro, dan lainnya. Langkah selanjutnya search melalui site, www.google.com. Ketik nama mainboardnya..specification. Contoh : asus p5 gx specification.

Atau ketik langsung nama mainboard di google karena biasanya akan muncul di halaman pencarian google nama site produsen / vendor. Sebagai contoh, silahkan klik halaman ini. Klik menu specification. Akan terlihat keterangan semua component mainboard, seperti : Chipset, Vga, Lan, Ram / memory, dan lainnya. Perhatikan di bagian Memory akan tertera berapa slot yang ada dan maximum up ram sampai berapa..Focus pada MAXIMUM ram up. Dan type ram, ddr 2, ddr 3, untuk menghindari salah beli. Yang murah harganya adalah type ram ddr 3.

Itu adalah keterangan mainboard di pc kita pada bagian memorynya. Artinya kita tidak bisa menambah ram melebihi kapasitas yang di sebutkan. Jadi dari pada beli ram tapi akhirnya tidak suport lebih baik cek terlebih dahulu.

3. Setelah melihat berapa total ram yang support, selanjutnya putuskan untuk membeli / upgrade yang lebih tinggi ke toko komputer terdekat di kota anda.

Itulah 3 tips sebelum upgrade memory komputer pc, yang bisa untuk pedoman sebelum membeli ram di toko komputer agar terhindar dari kesalahan beli. Semoa membantu.

0 Response to "3 tips sebelum upgrade memory komputer pc"

Posting Komentar

Terimakasih atas comentarnya.