Komputer sering ngeRestart sendiri

Dulu ane pernah mengalami masalah komputer sering restart sendiri yang waktu itu masih menggunakan procesor amd. Awalnya ane curiga adanya virus yang menyerang windows. Karena biasanya masalahnya--antara trouble hardware atau pada software..Tapi Setelah ane cek ternyata masalahnya pada kipas procesor (fan cooler) yang kotor dan bedebu (maklum malay bersihin..hehe), sehingga membuat procesor menjadi panas.

Dan inilah yang membuat Pc menjadi tidak stabil dan otomatis biasanya ketika masuk ke windows, win 7 atau xp, atau komputer sedang kita gunakan untuk kerjaan me-restart sendiri. Booting ulang. Jadi solusinya ?
Copot chasing pc  bersihkan Fan procesor (kipas) menggunakan Kuas. Tau jika malas abwa ketukang service..xixi


Komputer sering Restart sendiriTapi hati-hati sebaiknya jika ente belum pernah mencopot fan procesor, ikuti petunjuk arah pada rangka pengait kipas untuk melepas. Lihat gambar di samping. Setiap fan kipas ada petunjuknya untuk mencopot. Jika di salah dan di paksa bisa patah kuncinya slotnya. Ane pernah pengalaman nyopot paksa dan akhirnya harus beli Fan procesor lagi. Nah setelah ente bersihin kipas, selanjutnya pasang kembali dengan benar dan jangan sampai ada yang kendur pada ke empat sisinya. Karena jika ada yang kendur biasanya Pc tidak berjalan normal. Tes setelah kipas di pasang kembali. Nyalakan pc mudah-mudahan berjalan normal.

Tapi sob setelah ane bersihin kipas fan prosecor  tetap suka restart sendiri sob..? nah lo...Matiin pc, copot kabel power ke listrik. Cek coba Ram-nya. Bisa jadi kurang kenceng atau memang rusak. Copot dan cek bagian bawah yang berwarna kuning emas. JIka ada sedikit berkarat bersihkan mengunakan penghapus( karet) pensil sampe warna menjadi rata kuning emas.Jika setelah di bersihin tetap sama masalahnya, coba tes menggunakan memory lainya..Nggak ada lagi sob ram lainya cuma satu..!' ..Pinjamlah ama tetangga sebelah..hehe..

Jika menggunakan memory/ Ram lain lancar berarti Ram ente rusak. /solusinya beli yang baru/ganti..Tapiiii...bila pake Ram lainya masih sama..Selanjutnya adalah cek power suplay..Waduh yang mana lagi tu power suplay....?!"...

hehe..Letaknya di belakang pc ente tepatnya yang menghubungkan ke arus listrik..Pengalaman ane pada saat ngebenerin pc teman ternyata power suplay-nya rusak. Begitu ane tes memake power suplay lainya..Beuh..lancar gilaa...wah..mesti pinjam power suplay lagi nih..."..Jadi intinya apabila komputer sering ngerestart / mati sendiri masalahnya bukan hanya pada Software. Tetapi yang sering pada hardware. Terkadang kita harus testing menggunakan perangkat keras keras lainya. Terutama mainboard. Ini juga sering membuat pc tidak stabil. Ok sekilas info aja. Mudah-mudahan bermanfaat.

0 Response to "Komputer sering ngeRestart sendiri"

Posting Komentar

Terimakasih atas comentarnya.