Komputer tidak mau nyala ke monitor, ini salah satu apa sebabnya

Kemarin ane sempet stress gara-gara komputer yang khusus buat di pake clien eror tidak mau tampil ke monitor ketika di nyalakan. Ketika ane tekan tombol power, hanya muncul blank screen warna hitam. Alias offline.

Ane coba copot vga card, lalu ane bersihin memakai kuas dan pengapus pencil (untuk bagian bawah). Tapi tetap saja tidak mau tampil ke monitor, berarti sebab tidak mau tampil ke monitor bukan dari vga card. Karena penasaran, satu persatu-satu ane copot : Soundcard, lan cable, dan hardisk, lalu tes nyalain lagi..upss..."!

Ternyata masih belum bisa tampil ke monitor. Apalagi lagi nih..?
Kepikiran copot ram yang 1 keping, karena kebetulan pc ane 4 gb 2 keping. Kemudian di bersihin bagian kaki ram yang berwarna emas dengan memakai penghapus pencil. Dan ane pasang kembali ke slot..Hasilnya ? Tetep tidak mau tampil...Mikir lagi...

Mengatasi pc tidak mau tampil ke monitor

Tes lagi salah satu ram ane copot dan tidak di pasang, kemudian tekan tombol power.Wow..!"..Alhasil komputer mau tampil ke monitor. Hmm..berarti penyembab tidak mau tampil ke monitor adalah dari ram yang sudah lama, jadi kemungkinan membuat mainboard eror detection. Ane sudah kepikiran..jangan-jangan mainboardnya rusak..Tapi masalahnya jika hanya di pasang 1 keping Ram, kinerja pc jadi berkurang karena 1 keping hanya 2gb dan mungkin jadi lemot. Mikir lagi ane.. Akhirnya ane matiin lagi pc, kemudian tes pasang 1 ram saja yang satunya, sambil berharap mau tampil ke monitor. Hasilnya ?

Hahaa..Ternyata mau tampil ke monitor. Ketahuan deh teryata gara ram yang sedikit berkarat, karena sudah lama. Setelah ane bersihkan menggunakan penghapus kedua keping ram tersebut, ram jadi normal. Jadi kesimpulannya :

Salah satu penyebab komputer tidak mau tampil ke monitor adalah pengaruh Ram yang berkarat pada bagian kaki yang berwarna kuning. Solusinya adalah copot dan bersihkan menggunakan penghapus pencil atau barang yang sejenis karet. Demikianlah gan, sekilas informasi tentang problem pc offline. Sebaiknya sebelum copor ram cable power ke listrik di cabut dulu untuk menghindari konslet arus listrik. Setelah di pasang baru sambungkan kembali. Ane punya pengalaman mainboard jadi konslet gara-gara pasang copot hardware tanpa cabut cable listrik.

1 Response to "Komputer tidak mau nyala ke monitor, ini salah satu apa sebabnya"

Terimakasih atas comentarnya.