Tips Atasi Laptop Acer Lemot, temukan disini

Lumayan banyak yang mengeluhkan kinerja laptop Acer yang dinilai sering lamban dan kadang-kadang hang. Oleh karena itulah, penting sekali untuk membahas tips atasi laptop acer lemot. Sebetulnya laptop lemot merupakan hal yang wajar dan tidak memandang merek apa pun. Penyebabnya bisa karena pemakaian tak wajar atau kurang berhati-hati selama memakai dan merawatnya. Di bawah ini adalah beberapa tips yang semoga bisa membantu.

Tips Atasi Laptop Acer Lemot, temukan disini

Penyebab Laptop Lemot


Yang wajib diketahui adalah penyebab dari lemotnya laptop. Satu alasan yang kerap menyebabkan lemotnya laptop adalah usia pemakaian. Umumnya, laptop yang telah berusia lebih dari empat tahun memang kerap mengalami lemot apalagi jika terlalu sering menginstall dan menghapus aplikasi. Apalagi yang sering menggunakan laptop untuk bermain game dan sering install game baru, tanpa hapus game lama.

Aplikasi atau game yang telah dihapus itu masih menyisakan cache yang tersimpan dalam memori laptop. Faktor penyebab lainnya adalah virus yang menumpuk dan tak disadari oleh pemakainya.

Cara Mengatasi Laptop Lemot


Tidak ada perbedaan yang berarti antara laptop Acer dan lainnya, kecuali dalam hal hardware dan seri yang digunakan. Oleh karena itu, tips atasi laptop acer lemot berikut ini mungkin bisa juga berguna untuk merek dan tipe lain.

1. Membersihkan Cache dan Data Akses

Anda sebaiknya menghapus semua data riwayat penyimpanan URL selama mengakses internet, cookies, cache, dan sebagainya. Ingatlah bahwa Anda harus melakukannya secara rutin dan kalau perlu setiap kali selesai menggunakannya.

2. Membersihkan Registry Windows

Bersihkanlah drive C dari sisa-sisa aplikasi tak terpakai. Caranya dengan membuka registry windows dan mengecek apakah masih ada sisa-sisa aplikasi yang tertinggal meski telah di uninstall. Anda bisa menggunakan software gratis Ccleaner untuk membersihkan registry

3. Membersihkan Hardware

Laptop yang sangat lemot pun bisa disebabkan oleh hardware yang terlalu kotor di dalamnya. Apalagi jika laptop itu telah digunakan selama bertahun-tahun dan sering dibawa bepergian. Anda bisa menerapkan tips atasi laptop acer lemot ini pada merek-merek lain karena metode membersihkan laptop sangat sering direkomendasikan.

Kalau memang bisa membersihkannya sendiri, cobalah untuk membongkar dengan hati-hati. Bersihkan bagian dalam laptop seperti kipas, hardisk, memori, dan oleskan lagi thermaplast jika sudah habis. Tujuannya untuk menjaga temperatur laptop supaya tidak mudah panas dan tidak lemot selama dipakai.

3. Melakukan Install Ulang

Cara ini juga terbukti efektif untuk mengatasi laptop lemot. Bahkan tips atasi laptop acer lemot ini juga kerap berhasil pada setiap jenis laptop. Tentu saja Anda harus memback-up seluruh data penting dalam laptop sebelum benar-benar mengformat ulang dan memasukkan OS baru.

Tips ini juga sangat mudah dilakukan sendiri asalkan sudah berpengalaman dalam menginstal ulang Windows.

Tapi jika memang masih kurang yakin untuk melakukannya sendiri bisa dengan mengandalkan bantuan dari jasa profesional. Install ulang disarankan dilakukan tidak sering-sering dan hanya bila dalam keadaan terdesak seperti kinerja laptop yang sangat lamban.

Sebenarnya masih banyak cara lain untuk mengatasi laptop lemot misalnya dengan menginstal aplikasi khusus untuk membersihkan registry windows dan virus. Tapi kadang-kadang cara semacam itu justru bisa semakin memperlamban kinerja laptop. Jadi, pertimbangkanlah baik-baik dalam memilih cara mengatasi laptop lemot itu.

Selain itu, kalau masalahnya sudah sangat parah, tidak ada jalan lain kecuali menyerahkan itu pada bantuan pihak vendor atau jasa servis laptop. Tapi yang terpenting lagi sebetulnya adalah bagaimana cara dan kebiasaan kita selama menggunakan laptop tersebut.

Nah, demikianlah beberapa tips atasi laptop acer lemot dan semoga bisa membantu memecahkan masalah Anda.

1 Response to "Tips Atasi Laptop Acer Lemot, temukan disini"

  1. terima kasih artikelnya
    bisa langsung dicoba di laptop nih
    top info

    BalasHapus

Terimakasih atas comentarnya.