Cara hapus file secara permanen di hardisk tanpa bisa di recovery kembali

Tahukah sobat bahwa jika kita menghapus file data di hardisk kita baik dengan cara tombol delete, atau tekan shift+del sebenarnya data file tersebut masih ada di dalam hardisk kita. Suatu saat jika di recovery menggunakan software backup data bisa di kembalikan/ restore. Kali ini ane share tentang cara menghapus data file di hdd secara permanent agar hardisk kita lebih awet, yaitu menggunakan software :

Win utilities versi softpedia yang gratis windows version Silahkan download di sini hapus permanen software. Setelah download extract dan install softwarenya. Cara hapusnya di bawah ini :

1.Buka software winUtilities kemudian klik tool File shredder.

download software untilities

2. Pada box file shredder silahkan pilih Delete file, pilih Add, jika ingin menghapus perfile. Dan jika ingin menghapus folder beserta isinya klik delete folder. Setelah file masuk ke box file shredder, silahkan klik delete all, seperti pada gambar di bawah ini;

cara hapus file permanent di hardisk

Bila ingin menghapus permanent file yang ada di box sampah atau Recycle bin, klik empty recycle bin, kemudian klik Refresh. Tunggu nanti akan muncul file-file yang pernah di hapus sebelumnya dan belum di cleaning.

Tapi ingat ! Ente harus benar-benar yakin bahwa data tersebut tidak akan pernah digunakan lagi suatu saat nanti. Karena akan benar hilang dari hdd jika menghapus menggunakan software ini. Bukan hanya hdd, usb disk, dan media penyimpanan lainnya bisa di hapus permanent dengan software ini. Selain untuk hapus file permanent tanpa bisa di recovery, winUtilities juga menyediakan tool lainnya, seperti : Undelete, discleaner,  registry cleaner, dan lainnya seperti pada gambar di atas. Anda bisa gunakan menurut kebutuhan.

Ok sob, begitulah Cara menghapus file secara permanen di hardisk tanpa bisa di recovery kembali menggunakan software gratis. Semoga membantu.

3 Responses to "Cara hapus file secara permanen di hardisk tanpa bisa di recovery kembali"

  1. kalo udah terlanjur kehapus saat belum pakai software ini gimana gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake software data recovery, jika untuk mengembalikan yang terhapus..asal sebelumnya dihapus biasa, ada kemungkinan bisa dibalikin

      Hapus

Terimakasih atas comentarnya.